CARA MEMBUAT KLEPON KETAN WARNA WARNI PALING PRAKTIS




Klepon ketan berwarna hijau mungkin sudah biasa dan sudah sering dijumpai, namun bagaimanakah dengan klepon ketan yang berwarna warni. Sebagai penggemar kuliner tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan kue tradisional seperti klepon ini. Selain cara membuat klepon yang bisa dibilang cukup mudah, ternyata klepon juga memiliki banyak kandungan gizi dan baik dikonsumsi oleh siapa saja. Klepon yang paling banyak dijumpai adalah klepon dengan bentuk bulat dengan isi gula sekaligus berlapis parutan kelapa. Rasa kenyal pada klepon juga sangat pas dimulut.

Hal terpenting untuk membuat klepon warna warni terletak pada pewarna makanan yang digunakan. Gunakan pewarna makanan yang aman seperti kesumba warna, kesumba warna saat ini sudah tersedia dengan berbagai pilihan warna yang berbeda, mulai dari warna hijau, merah, ungu, hingga kuning. Sedangkan bahan dasar yang digunakan adalah tepung ketan. Kenapa tepung ketan ? karena tepung ketan memiliki tekstur yang lebih kenyal bila dibandingkan dengan tepung singkong atau tepung beras. Untuk membuat klepon, persiapkan bahan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu.


BAHAN UNTUK MEMBUAT KLEPON


1. Tepung ketan : 1/2 Kg
2. Gula jawa : 2 Ons
3. Pewarna makanan dengan warna sesuai selera : Secukupnya
4. Daun suji : Secukupnyac
5. Kapur sirih : Sedikit
6. Garam : Secukupnya
7. Air hangat  : Secukupnya

CARA MEMBUAT KLEPON WARNA WARNI


1. Haluskan daun suji dengan cara ditumbuk kemudian dituangi air kapur sirih kemudian diremas remas dan saring.
2. Siapkan wadah untuk mengencerkan pewarna, gunakan satu warna dahulu, setelah satu warna selesai baru bisa menggunakan warna warna lain.
3. Tepung ketan diuli dengan air hangat beserta air daun suji, masukkan juga pewarna makanan sedikit demi sedikit, diuli terus hingga menjadi adonan.
4. Setelah adonan berwarna jadi kemudian dibentuk bulat bulat (jangan terlalu besar, ukuran kira kira sebesar buah kemiri).
5. Isi adonan bulat tersebut dengan gula jawa lalu adonan yang sudah dibentuk bulat ditutup rapat.
6. Apabila semua adonan sudah dibentuk, masukkan bulatan bulatan tersebut kedalam air mendidih yang sudah dibubuhi garam sebelumnya.
7. Tunggu sampai mengapung, bila sudah segera angkat dan tiriskan.
8. Terakhir masukkan kedalam parutan kelapa yang sebelumnya sudah dibubuhi sedikit garam. Guling gulingkan agar sisi luar kelepon tertutup parutan kelapa.
9. Kelepon sudah siap disajikan atau dijual.

MACAM MACAM WARNA KLEPON



Itulah ringkasan dan panduan cara membuat klepon ketan warna warni yang paling mudah dan praktis. Untuk membuat kelepon berwarna warni, belilah pewarna dengan lebih dari satu warna. Selesaikan adonan satu warna terlebih dahulu kemudian warna selanjutnya bisa menyusul. Pada proses perebusan adonan yang sudah dibentuk bulat bisa dicampur lebih dari satu warna sekaligus.


Related

Tata Boga 2022795002580226811
item