RESEP DAN CARA MEMBUAT SERABI COKLAT KEJU - MAKANAN TRADISIONAL KAYA GIZI

Kue Serabi merupakan makanan tradisional yang berasal dari bahan bahan tepung (tepung terigu dan tepung beras ) dengan perpaduan santan dan...




Kue Serabi merupakan makanan tradisional yang berasal dari bahan bahan tepung (tepung terigu dan tepung beras ) dengan perpaduan santan dan gula merah. Rasa manis dan lezat pada serabi, diyakini memiliki kandungan gizi yang baik dan aman. Serabi sudah dibuat dan dikenal masyarakat indonesia sejak dulu kala, dan masih tetap ada sampai sekarang walaupun keberadaanya sudah mulai tergeser dengan aneka kue modern.

Cara membuat kue serabi yang paling umum adalah dengan cara digoreng dengan wadah khusus menggunakan sedikit minyak. Dalam pembuatannya, serabi juga bisa ditambahkan dengan pewarna makanan, sehingga nanti hasilnya bisa lebih kreatif. Berikut langkah langkah membuat serabi.

BAHAN BAHAN KUE SERABI


Tepung beras 3 mangkok
Tepung terigu 1/4 mangkok
Telur ayam 1 butir
Kelapa 1 buah
Santan 8 mangkok
Gula merah 1/2 kg
Garam secukupnya
Vitsin secukupnya
Coklat / keju (bila suka)


CARA MEMBUAT KUE SERABI


1 Mangkok tepung beras diuli dengan 1 mangkok santan, lalu dimasak sampai kental. Kemudian campurkan 4 mangkok santan dengan bahan semuanya ditambahkan telur yang sudah dikocok sampai putih. Semuanya diaduk sampai benar benar rata.

Panaskan wajan (kalau ada dari tanah / tradisional) dan gosoklah dengan sedikit minyak (kemiri yang ditumbuk dan dibungkus dengan kain. Masukkan adonan sebanyak kira kira 2 sendok makan dan ulangi begitu seterusnya hingga adonan habis.

Sisa santan yang tinggal 4 mangkok selanjutnya direbus dengan gula merah dan vanili, rebus sampai benar benar mendidih, ini nanti digunakan sebagai sirupnya. Coklat / keju taburkan diatas serabi.

Demikianlah resep dan cara mudah membuat kue serabi. Dengan membuat dan mengkonsumsi kue serabi kita juga turut melestarikan warisan kuliner nusantara yang kaya akan gizi.


Related

Tata Boga 8447954575515351910
item