CARA MEMBUAT GULAI PAKIS PEDAS KENTAL ENAK

Pakis adalah sejenis tumbuhan paku yang bisa digunakan sebagai bahan makanan. Bagian pada tumbuhan pakis yang biasa dikonsumsi adalah pada ...




Pakis adalah sejenis tumbuhan paku yang bisa digunakan sebagai bahan makanan. Bagian pada tumbuhan pakis yang biasa dikonsumsi adalah pada bagian daun yang masih muda. Sedangkan cara mengolah pakis paling mudah ialah dengan dibuat gulai.

Gulai pakis memiliki rasa yang enak seperti pada gulai gulai pada umumnya, namun tekstur pakis lebih "kress" sehingga banyak disukai oleh banyak penikma t kuliner pakis. Nah, bila anda ingin membuat gulai pakis pedas dan nikmat, bisa mengikuti langkah langkah memasak gulai pakis dibawah ini.


RESEP GULAI PAKIS


Bahan-bahan:

5 ikat pakis yang masih muda
1/2 ons ikan teri
1 butir kelapa
10 buah cabai merah
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
15 buah cabai rawit
1 batang serai
2 lembar daun kunyit
asam jawa, gula pasir, garam, secukupnya

Cara membuat Gulai Pakis :

Pakis dijemur sebentar sampai agak sedikit layu, dibersihkan dibuang bagian yang tidak perlu, cuci bersih lalu diiris-iris kecil 3 cm. Kelapa parut 1/2 disangrai lalu dihaluskan, seperti layaknya membuat poyah. Yang 1/2 bagian dijadikan 4 gelas santan. Semua bumbu ditumbuk halus termasuk gula pasir, garam, secukupnya, kecuali daun kunyit, serai dimemarkan, asam jawa. Santan direbus sampai mendidih masukkan bumbu jugs poyah (kelapa sangrai yang dihaluskan). Kemudian masukkan irisan pakis dan ikan teri yang sudah dicuci bersih, aduk sampai rata. Selanjutnya masak terus hingga santannya berminyak dan semua bahan-bahan jadi matang. Angkat. Hidangkan selagi panas !


Related

Resep Masakan 6042500290766295264
item