CARA MEMBUAT KECAP MANIS BERBAHAN KEDELAI HITAM

Sudah tahukah anda cara membuat kecap manis dari kedelai ? Kecap adalah salah satu bahan tambahan makanan dan bumbu dapur yang banyak di ...




Sudah tahukah anda cara membuat kecap manis dari kedelai ? Kecap adalah salah satu bahan tambahan makanan dan bumbu dapur yang banyak di sukai oleh  masyarakat karena rasanya yang manis dan kental , kecap adalah bahan tambahan masakan yang terbuat dari kedelai hitam yang di fermentasikan ,kedelai juga banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Kedelai biasanya juga digunakan untuk membuat tempe dan membuat tahu.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa membuat kecap manis itu cukup sulit,  dibilang sulit tentu saja karena belum mengetahui langkah- langkah pembuatannya , jika anda menginginkan untuk membuat kecap di rumah , atau hanya sekedar ingin tahu langkah langkah membuat kecap, simak penjelasan dibawah ini.

BAHAN UNTUK MEMBUAT KECAP MANIS


1. 1 Kg kedelai hitam kualitas baik.
2. 800 gram garam yang telah dilarutkan dengan 4 liter air
3. 3 gram jamur tempe
4. 1 1/2 liter air bersih
5. 6 Kg gula merah
6. 2 lembar daun salam
7. 1 lembar daun jeruk
8. 1 batang serai
9. 1 sdt pokak yang telah dihaluskan
10. 1/4 potong laos yang sudah dihaluskan

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT KECAP


1. Anda Siapkan 1 kg kedelai untuk pembuatan kecap dan anda dapat memilih kedelai dengan kualitas terbaik untuk dapat menghasilkan kecap dengan kualitas terbaik juga.

2. Cucilah kedelai yang sudah anda siapkan sampai bersih, kemudian anda rendam selama 1x24 jam. ini bertujuan kedelainya agar menjadi lunak dan kulit arinya mudah untuk terlepas.

3. Selanjutnya anda rebus kedelai samapi mendidih. Hal ini juga bertujuan untuk kulit ari kedelai mudah untuk terlepas.

4. Setelah itu anda dapat membilas kedelai dengan menggunakan air bersih sambil diremas-remas dan pastikanlah semua kulit kedelai sudah terlepas.

5. Selanjutnya tiriskanl kedelai di tempat yang berpenampang lebar sampai kedelai benar-benar dingin. Dan tentunya kedelai sudah benar-benar dingin sempurna agar setiap jamur tempe yang kita sudah tebarkan tidak mati.

6. Berikutnya anda taburkanlah jamur tempe ke kedelai yang sedang ditiriskan dan juga sambil anda aduk hingga jamur tempe sudah tercampur rata ke seluruh kedelai.

7. Selanjutnya anda dapat menyimpan kedelai yang sudah di campur jamur tempe ke ruangan yang bersuhu 25-30 derajat Celcius. Anda dapat Lakukan penyimpanan ini selama 3 hingga 5 hari.

8. Setelah kedelai yang sudah anda simpan sudah ditumbuhi jamur tempe, anda dapat menambahkan larutan garam sebanyak 800 gram yang telah dicampur dengan 4 liter air bersih. Kemudian anda diamkan adonan kecap ini selama 3-4 minggu pada suhu ruangan 25-30 derajat Celcius.

9. Setelah anda diamkan adonan kecap tadi selama 3-4 minggu (maksimal 2 bulan), kemudian anda dapat tuangkan air bersih. Rebuslah campuran ini hingga mendidih lalu lakukan penyaringan dengan menggunakan kain penyaring.

10.kemudian rebuslah kembali hasil penyaringan adonan kecap tadi dan tambahkan bumbu dari nomor 5 sampai dengan nomor sepuluh. Lakukanlah adukan perlahan agar gula merah mencair dan bahan-bahan lain juga tercampur dengan merata.

11. Untuk penambahan gula merah itu tergantung dari kebutuhan anda , anda dapat menambahkan sesuai selera anda . Jika anda ingin membuat kecap manis anda membutuhkan 2 kg gula merah untuk setiap liter sari adonan kecap yang sudah direbus kembali pada langkah nomor

10. Jadi jika anda sudah merebus 2 liter sari adonan kecap berarti anda juga membutuhkan 4 kg gula merah dan berlaku untuk kelipatannya.

12. Sedangkan jika anda menginginkan membuat kecap asin anda membutuhkan hanya 2,5 ons gula merah di setiap liter sari adonan kecap yang telah direbus kembali. Berlaku kelipatannya.

13. Proses perebusan adonan kecap dihentikan jika adonan kecap telah mendidih dan sudah tidak ada buih lagi. Lalu saring dengan menggunakan kain saringan.

14. Kecap telah siap untuk di konsumsi dan dinikmati sebagai bahan tambahan masakan anda

Demikianlah tips dan cara membuat kecap manis berbahan kedelai yang dapat anda gunakan sebagai bumbu dapur untuk membuat tumisan misalnya , ini juga cocok untuk ditambahkan kedalam masakan favorit di rumah , semoga tips ini dapat bermanfaat untuk anda yang ingin membuat kecap sendiri di rumah , silahkan mencoba dan nikmati lezatnya kecap buatan anda sendiri


Related

Industri 4168092964264193199
item