CARA MEMBUAT KEMBANG API DAN BAHAN PEMBUAT KEMBANG API

Tahun baru dan hari hari besar lainnya merupakan momen yang ditunggu tunggu banyak orang. Perayaan hari hari besar tersebut sangat meriah ...




Tahun baru dan hari hari besar lainnya merupakan momen yang ditunggu tunggu banyak orang. Perayaan hari hari besar tersebut sangat meriah tempat tempat umum menjadi tempat berkumpul banyak orang, banyak kembang api menghiasi angkasa. Tapi tahukan anda cara membuat kembang api ?. Kembang api sendiri memiliki beragam jenis, mulai dari kembang api warna warni, kembang api yang bisa meluncur keudara, kembang api tangkai yang bisa dipegang, gasing, kembang api tetes, dan masih banyak jenis kembang api yang lainnya.

Berbicara tentang kembang api, berikut ini adalah sebuah panduan cara membuat kembang api tangkai atau kembang api sulut. Kembang api ini adalah kembang api yang aman karena diberikan pegangan berupa kawat besi pada pangkalnya. Kembang api jenis ini paling banyak dijumpai dipasaran.



BAHAN PEMBUAT KEMBANG API


Bahan bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat kembang api antara lain :
  • Serbuk besi baja : 6 gram
  • Sulfur / Belerang : 1 gram
  • Serbuk karang ayu : 1 gram
  • Serbuk sedaya : 9 gram
  • Kawat tali : secukupnya
  • Lem kayu / perekat kayu : 10 cc

PROSES PEMBUATAN KEMBANG API


1. Haluskan dan campur belerang, serbuk besi baja, serbuk sedaya, dan serbuk karang ayu.
2. Siapkan ember / kaleng plastik yang telah terisi dengan lem kayu.
3. Celupkan kawat ke lem kayu kemudian dicelupkan lagi ke campuran bahan bahan yang sudah dihaluskan tadi.
4. Angkat dan tunggu sampai kering.

Ulangi hal yang sama untuk mendapatkanya sebanyak kembang api yang diinginkan. Setelah kembang api kering baru bisa di sulut. Itulah cara membuat kembang api dan bahan pembuatan kembang api. Karena kembang api adalah bahan yang mudah terbakar sebaiknya jauhkan kembang api dari tempat yang panas dan mudah terbakar. Bila anak anak memainkan / menyulut kembang api sebaiknya didampingi oleh orang dewasa agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.


Related

Industri 5670588168719061450
item