CARA MEMBUAT PAKAN IKAN / PELET UNTUK LELE, GURAMI, NILA, MAS, DLL PALING MUDAH

Mempunyai ikan yang tumbuh besar dan gemuk menjadi dambaan para peternak ikan. Mengingat pakan ikan yang semakin hari semakin naik, rasa ...




Mempunyai ikan yang tumbuh besar dan gemuk menjadi dambaan para peternak ikan. Mengingat pakan ikan yang semakin hari semakin naik, rasa rasanya para peternak ikan perlu mensiasati dengan cara membuat pakan ikan sendiri. Pembuatan pakan ikan diyakini akan bisa menghemat biaya bulanan dalam memelihara ikan.

Tidak dibutuhkan keahlian khusus dalam cara membuat pakan ikan yang baik dan benar. Semua bahan bahan untuk pembuatan pakan bisa didapatkan ditoko toko / swalayan terdekat. Pakan pakan ikan ini nanti bisa digunakan untuk memberi makan ikan lele, ikan nila, ikan gurami, ikan mas, dan lain lain. Komposisi vitamin dan mineral yang baik juga diperlukan untuk menunjang pertumbuhan ikan. Sehingga, selain harga lebih ekonomis, ikan ikan pun akan tumbuh sehat dan gemuk dan siap dipanen.

BAHAN UNTUK PAKAN IKAN


Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat makanan ikan sejenis pelet antara lain :
  • Dedak (dedek) halus : 26 gram
  • Tepung jagung : 8 gram
  • Tepung ikan : 30 gram
  • Tepung benawa : 2 gram
  • Terigu : 22 gram
  • Bungkil kacang kedelai : 10 gram
  • Vitamin (rajamik "U") : 1,5 gram
  • Mineral : 0,5 gram
  • Air : secukupnya

Nb : banyaknya bahan bahan diatas adalah perbandingan saja, bila anda ingin membuat lebih banyak , anda bisa menggunakan perbandingan diatas.


PROSES PEMBUATAN PAKAN IKAN


1. Semua bahan bahan diatas dimasukkan dalam wadah (bahan bahan tersebut harus dalam keadaan yang kering)., kemudian dicampur dengan cara diaduk sampai benar benar rata.
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga rata sehingga menjadi adonan seperti pasta. Jumlah air tidak boleh terlalu banyak, kira kira 35 - 40 persen, dari total bahan bahan yang sudah dicampur rata.
3. Setelah adonan jadi, kemudian masukkan adonan kedalam alat cetakan (pellet). Alat yang digunakan bisa dari mesin penggilingan daging, atau alat pembuatan kerupuk. Untuk diameter gunakan ukuran sewajarnya seperti 3 sampai 5 milimeter.
4. Adonan yang sudah jadi (pellet) kemudian dipotong kira kira panjangnya 1 sampai 2 cm, selanjutnya dikeringkan dengan alat pengering seperti oven atau bisa juga dijemur dibawah terik mentari.


Itulah tips  mudah cara membuat pakan ikan paling sederhana. Selain untuk dipakai sendiri, pakan ikan ini juga bisa dijual. Tergantung kebutuhan anda, ingin dipakai sendiri atau dijual.


Related

Industri 6182030280690246952
item