CARA MEMBUAT KERUPUK RAMBAK TAPIOKA & BAHAN BAHANNYA

Membuat kerupuk rambak tapioka bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda yang menggeluti dunia bidang usaha pembuatan kerupuk. Kerupuk r...




Membuat kerupuk rambak tapioka bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda yang menggeluti dunia bidang usaha pembuatan kerupuk. Kerupuk rambak ini terbuat dari bahan non kulit, karena dibuat dengan bahan tepung (tepung tapioka, dan tepung terigu). Kerupuk juga menjadi makanan favorit yang digemari dan sudah akrab dengan lidah masyarakat Indonesia.


Proses pembuatan kerupuk rambak tapioka juga tidak sulit untuk dilakukan, bahan dasar juga bisa didapatkan di toko toko / swalayan yang menjual bahan bahan makanan dan kue. Apabila anda tertarik untuk mencoba membuat kerupuk rambak tapioka berikut langkah langkahnya.

BAHAN BAHAN KERUPUK RAMBAK TAPIOKA


Tepung tapioka : 1 kilogram
Tepung terigu : 1 kilogram
Terasi : 1 ons
Obat gendar / bleng : 1 sendok makan
Bawang putih : 2 ons
Garam : secukupnya
Soda kue : 1 sendok makan
Penyedap rasa / motto : secukupnya
Air : 1/4 liter (secukupnya)

CARA MEMBUAT RAMBAK TAPIOKA


1. Campurkan (diulet) tepung terigu dan tepung tapioka
2. Kemudian masukkan juga terasi, bleng, bawang putih (dihaluskan), garam halus, soda kue, dan penyedap rasa sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi  adonan.
3. Setelah adonan tercampur merata, lalu dikukus selama kurang lebih 45 menit.
4. Setelah dikukus, angkat dan tiriskan dan dimasukkan kedalam tempat bersih sampai adonan dingin.
5. Apabila adonan sudah dingin, selanjutnya diiris tipis tipis dan dijemur dibawah sinar matahari hingga benar benar kering.

6. Setelah kering, krupuk bisa digoreng dalam minyak panas (minyak harus banyak). Setelah diangkat kerupuk rambak tapioka siap untuk dijual ataupun dikonsumsi sendiri.

Jika ingin dijual siapkanlah dahulu plastik plastik ukurang sedang atau yang diinginkan kemudian buatlah merk dan dikemas dengan baik. Itulah tips dan cara membuat kerupuk rambak tapioka sendiri. Kerupuk ini bisa tahan lebih lama asalkan ditempatkan pada wadah yang hampa udara.


Related

Industri 2898710974461928810
item