RESEP & CARA MEMBUAT GUDEG MANGGAR BUNGA KELAPA YANG LEZAT

Resep & Cara membuat Gudeg Manggar - Indonesia adalah Negeri yang kaya dari hampir semua aspek, termasuk kuliner tradisionalnya Mulai d...




Resep & Cara membuat Gudeg Manggar - Indonesia adalah Negeri yang kaya dari hampir semua aspek, termasuk kuliner tradisionalnya Mulai dari Sabang sampai Merauke Indonesia memiliki ribuan jenis kuliner dari kue hingga masakan. Mungkin bila pernah pergi ke Jogja, Anda pernah mencicipi makanan khas Jogja Gudeg. Gudeg Jogja dibuat dengan menggunakan nangka muda dan beberapa bahan lain yang membuat makanan ini begitu populer hingga di Mancanegara.

Berbicara mengenai Gudeg, ada satu macam jenis Gudeg lagi, yaitu Gudeg Manggar. Sudah pernah mencoba Gudeg Manggar ? Manggar adalah bunga kelapa / bakal kelapa yang masih muda dan berwarna kuning. Getah (jawa:legen) dari manggar ini biasa digunakan untuk membuat gula. Namun bagaimana rasa manggar ini bila dijadikan olahan Gudeg?. Gudeng Manggar tak kalah enaknya dengan Gudeg Nangka. Bahkan sebagian penggemar kuliner berpendapat bahwa Gudeng manggar lebih enak dengan Gudeg Nangka.

Ingin mencoba membuat Gudeg Manggar dirumah ? Simak resep & cara membuat Gudeg Manggar berikut ini !

BAHAN & BUMBU GUDEG MANGGAR


Bahan :
Manggar muda (bunga kelapa)
Daging ayam secukupnya
1 butir kelapa

Bumbu :
3 buah bawang merah
2 siung bawang putih
4 biji kemiri
1 potong laos
1 sendok teh ketumbar
2 lembar daun salam
2 sendok makan gula merah
1 sendok makan garam Vitsin

CARA MEMBUAT GUDEG MANGGAR


Cara memasak Gudeg Manggar : Pangganglah manggar muda pada api arang. Setelah masak, pukul-pukullah pelan-pelan agar menjadi lemas. Buang kulitnya dan bersihkan. Parutlah kelapa untuk membuat santan. Haluskan bumbu¬bumbu kecuali daun salam dan laos. Rebuslah ayam dengan bumbu¬bumbu dan tuangkan santan agak cair. Bila daging ayam sudah lunak, masukkan manggar dan biarkan sampai + 1 /2 jam lagi. Masukkan santan kental dan biarkan sampai mendidih.


Related

Resep Masakan 185813195129977301
item