RESEP GECOK LENGKAP & CARA MEMBUAT GECOK YANG ENAKKK

Bagi sebagian orang mungkin masih sedikit merasa asing dengan jenis makanan Gecok . Namun bagi Anda yang tinggal di daerah Semarang dan seki...




Bagi sebagian orang mungkin masih sedikit merasa asing dengan jenis makanan Gecok. Namun bagi Anda yang tinggal di daerah Semarang dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan sajian kuliner daging yang bernama Gecok. Gecok sendiri adalah olahan Daging yang menggunakan bahan dasar Daging Sapi, Kambing, Ayam atau daging daging lain. Jika dilihat sekilas Gecok lebih mirip dengan Gulai, proses pembuatan Gecok dengan menggunakan santan.

Cita rasa gecok lebih cenderung Pedas, rasa pedas ini berasal dari cabe rawit. Selain menggunakan cabe rawit sebagai bumbu, Gecok juga menggunakan bumbu rempah pilihan seperti jahe, rempah, laos, serta merica, serta daun jeruk nipis. Oleh sebab itu gecok memiliki cita rasa khas rempah rempah yang lezat. Bagi anda yang mencoba resep Gecok, berikut ini adalah resep & cara membuat gecok yang bisa Anda lakukan di rumah.


RESEP BAHAN & BUMBU GECOK


Bahan
1/2 kg jerohan (babat, limpah, hati) + daging
1 gelas santan kental dari
1/2 butir kelapa,
1/4 gelas wijen

Bumbu A
2 buah bawang merah
3 buah cabe merah besar
2 ruas jahe sereh (serai)
8 lembar daun jeruk nipis

Bumbu B
3 buah kemiri
1 ruas jari laos muda
4 siung bawang merah
1 sendok makan garam
10 biji merica

Bumbu C
1 buah jeruk nipis
8 buah blimbing wuluh

CARA MEMBUAT GECOK


Setelah bahan dan bumbu telah siap, saatnya untuk memasak Gecok. Pertama cucilah jerohan dan daging lalu direbus hingga lunak, lalu potonglah tipis-tipis sepanjang ± 1 1/2 ruas jari. Bumbu pada (1) yaitu bawang merah, cabs merah, sereh dan daun jeruk nipis diiris halus dan digoreng masing-masing tersendiri.

Bumbu-bumbu pada (b) yaitu kemiri, laos, bawang merah dibakar lalu dihaluskan. Tambahkan garam dan merica lalu tumislah. Jeruk nipis dikuliti dan dibakar. Belimbing wuluh diiris-iris. Wijen digoreng sangan dan dihaluskan, santan direbus hingga kental (+ separuhnya).

Campur dalam piring atau wajan/panel : wijen halus + setengah bagian bumbu-bumbu pada (a) + bumbu-bumbu pada (b) + irisan belimbing wuluh. Cairkan dengan sangat kental dan tambah¬kan air jeruk nipis yang sudah dibakar. Campurkan irisan jerohan dengan mbumbu-bumbu. Hidangkan gecok dalam piring daging dan taburkan sisa bumbu (a) tersebut diatas.

Gecok sudah siap untuk dihidangkan, demikianlah Resep Gecok & Cara membuat Gecok yang Enak. Gecok sangat cocok disajikan pedas dan panas pada musim musim dingin atau malam hari. Selamat mencoba.


Related

Resep Masakan 8195679587684356159
item