CARA MENGHILANGKAN CEGUKAN PALING CEPAT DALAM 1 MENIT DIJAMIN

Cegukan adalah kondisi dimana terjadi kontraksi tak sadar yang disertai oleh pita suara tertutup mendadak dan menjadikan suara khas cegukan...




Cegukan adalah kondisi dimana terjadi kontraksi tak sadar yang disertai oleh pita suara tertutup mendadak dan menjadikan suara khas cegukan "hik, hik, hik" begitu kurang lebih. Ini karena adanya kontraksi involunter yang terjadi pada diafragma - dinding pemisah dada dan perut yang berperan dalam pernafasan kita.

Dalam beberapa hal kasus cegukan ini bisa menjadi pertanda adanya kondisi medis tertentu yang ditandai dengan cegukan yang lama hingga berbulan bulan, namun anda tak perlu khawatir karena kebanyakan cegukan adalah hal yang wajar dan ditimbulkan oleh beberapa sebab.

BEBERAPA PENYEBAB CEGUKAN


Dan berikut ini adalah beberapa penyebab cegukan yang sering terjadi :
1. Memakan makanan dengan porsi besar sehingga menimbulkan cegukan
2. Makan dengan tergesa gesa
3. Makan makanan menu kering, misalnya makan nasi dan lauk yang tanpa kuah
4. Perubahan suhu yang terjadi secara tiba tiba
5. Minum minuman yang bersoda atau beralk0h0l
6. Makan makanan pedas, panas, atau terlalu dingin
7. Perasaan yang sangat tertekan atau terlalu bersemangat

Ketujuh sebab cegukan diatas adalah hal yang wajar dan sering kita alami. Namun untuk sebab yang tak wajar dan menimbulkan cegukan hingga 48 jam seperti iritasi / kerusakan sistem syaraf, penggunaan obat2 tertentu atau gangguan metabolisme, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

MENGHILANGKAN / MENGHENTIKAN CEGUKAN


Beberapa hal yang bisa anda lakukan sendiri untuk menghentikan cegukan antara lain :

1. Menahan Nafas

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk menyembukan cegukan adalah menahan nafas. Jika mulai cegukan tahanlah nafas beberapa detik (atau semampunya). Lakukan berulang ulang hingga cegukan hilang.

2. Minum Air Putih

Selanjutnya adalah minum air putih, bila cegukan kita bisa coba menghentikannya dengan meminum air putih / air mineral. Agar lebih manjur cobalah minum sambil menunduk.

3. Meletakkan Jari ke mulut

Yang ketiga adalah memasukkan jari kedalam dinding atas mulut dan pijatlah dengan lembut, lakukan hingga cegukan mereda

4. Menggunakan Gula pasir

Dengan posisi leher sedikit mendongak kebelakan, masukkan 1/2 sendok teh gula pasir pada ujung lidah dan jangan ditelan. Telanlah air liur yang terbentuk dari gula tadi jika gula sudah habis, minumnya air putih 1/2 gelas

Itulah beberapa cara menghilangkan cegukan paling mudah dan cepat. Cegukan sebenarnya bisa reda sendiri walaupun mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama, tapi jika kita ingin mempercepat menghilangkan cegukan lakukan salah satu cara diatas. Apabila cegukan tak kunjung berhenti selama lebih dari 48 jam segera hubungi dokter.


Related

Pengobatan 5569509509071633547
item