MEMBUAT PEMBERSIH PORSELEN / KERAMIK KAMAR MANDI, TOILET, DAPUR DLL




Noda membandel pada porselen dan keramik tidak bisa diatasi dengan menggunakan cairan pembersih porselen / keramik biasa. Kotoran dan noda yang menempel pada keramik / porselen biasanya akan lebih sulit dihilangkan bila dibandingkan dengan kotoran yang menempel pada media kain, kaca, ataupun alumunium. Untuk mengatasi masalah ini diperlukanlah cairan khusus pembersih porselen dan keramik yang bagus. Noda noda dan kotoran apabila dibiarkan menempel pada keramik lama kelamaan akan menjadi kerak yang lebih sulit untuk dihilangan.

Beberapa tempat yang biasanya menjadi sarang kerak adalah tempat tempat yang lazim digunakan untuk bersih bersih seperti kamar mandi, toilet, dapur dan lain sebagainya. Ada banyak cara untuk membuat cairan pembersih porselen dan keramik, bisa menggunakan bahan alami ataupun bahan kimia. Bahan alami bisa seperti jeruk nipis, sedangkan untuk bahan kimia bisa menggunakan asam klorida ataupun natrium hidroksida.

BAHAN PEMBERSIH PORSELEN & KERAMIK


  • NaOH/Natrium hidroksida 10 gram
  • HCl/Asam clorida 40 cc
  • Oxalix acid 40 gram
  • Air matang bersih 2 liter

CARA MEMBUAT PEMBERSIH KERAMIK & PORSELEN


1. Larutkan Asam klorida dan air pada ember plastik kemudian diaduk sampai rata.
2. Setelah larutan tersebut tercampur larutkan lagi Oxalix Acid, aduklah sampai larut.
3. Masukkan Natrium Hidroksida pada larutan di atas.
4. Setelah dingin masukkan larutan tersebut dalam botol.

Cairan tersebut sudah bisa digunakan untuk membersihkan porselen dan keramik.

CARA KEDUA : MENGGUNAKAN PORSTEX DAN PEMUTIH


Bagi Anda yang merasa kesulitan mendapatkan bahan bahan diatas, ada satu alternatif lagi yakni dengan menggunakan produk pembersih keramik "Porstex" dicampur dengan Pemutih pakaian (bayclin dan sejenisnya). Cara pencampurannya yaitu, Porstex dan Pemutih perbandingannya 5 : 1 (misalnya Porstex 5 ml, maka pemutihnya 1 ml). Gunakan masker dan sarung tangan latex saat mencampurkan  kedua cairan tersebut. Bau yang ditimbulkan sangat tajam, dan juga gatal gatal jika terkena kulit.

Cara penggunaanya, siramkan cairan pembersih porselen / keramik tadi pada keramik yang bernoda. Kemudian sikat menggunakan sikat lantai atau sikat toilet jika yang dibersihkan adalah toilet. Setelah noda bersih maka bilas dengan air bersih. Lantai dari keramik dan perabotan yang terbuat dari porselen akan nampak seperti baru lagi.


Related

Rumah Tangga 5596466683881049712
item