CARA MEMBUAT KAPUR TULIS DAN BAHAN KAPUR TULIS

Pernahkan anda membuat kapur tulis sendiri ? Kapur tulis adalah alat yang penting sebagai penunjang proses pembelajaran di sekolah karena t...




Pernahkan anda membuat kapur tulis sendiri ? Kapur tulis adalah alat yang penting sebagai penunjang proses pembelajaran di sekolah karena tanpa kapur tulis kita yang masih duduk di bangku SD, SMP mapun SMA tidak bisa meihat penjelasan guru dalam bentuk tulisan , biasanya kapur tulis di gunakan pada papan hitam atau biasanya kita menyebutnya sebagai blackboard , meskipun sekarang kebanyakan sudah mengganti papan mereka denga papan putih atau biasanya yang disebut dengan whiteboard yang menggunakan spidol dalam penulisannya dan jika tinta spidol habis maka harus di isi dengan tinta yang baru , tetapi papan whiteboard tidak menurunkan eksistensi dari papan blackboard yang menggunakan kapur tulis ini karena penggunaan nya yang mudah dan sangat sederhana .
Cara membuat kapur tulis dan bahan kapur tulis
Kapur Tulis Warna Warni

jika anda ingin mencoba membuat kapur tulis di rumah mungkin nanti sebagai usaha yang akan anda terjuni atau hanya ingin berkreasi dengan keluarga tercinta anda membuat kapur tulis sendiri , di bawah ini adalah penjelasan langkah-langkah membuat kapur tulis secara sederhana dan praktis yang bisa anda buat di rumah.

ALAT & BAHAN BAHAN KAPUR TULIS


Bahan yang anda butuhkan :

• Carbonas Natricus sebanyak 400gr
• Plaster of Paris sebanyak 600gr
• Air bersih sebanyak 1.000cc

Alat yang harus anda persiapkan :

• Timbangan dengan kemampuan maksimal 1.000gr
• Gelas ukur (maatglas) ukuran 1.000cc
• Baskom/panci ukuran sedang
• Pipa cetakan

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT KAPUR TULIS


1. Pertama anda harus menyiapkan Carbonas Natricus sebanyak 400gr dan Plaster of Paris sebanyak 600gr anda masukkan ke dalam panci/baskom lalu anda aduk dengan sendok pengaduk hingga kedua bahan tersebut tercampur rata .

2. Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata tuangkanl Air bersih sebanyak 1.000cc kemudian anda aduk-aduk lagi sehingga campuran berubah menjadi seperti bubur tepung.

3. Kemudian Siapkan pipa-pipa cetakan dan masukkanlah adonan tersebut ke dalam pipa tersebut, diam selama tiga sampai empat hari , agar kapur menjadi kering dan padat

4. Setelah bahan kapur tulis sudah jadi , saatnya anda ambil kapur tulis dari dalam ceetakan dan dapat anda kemas di dalam kotak karton .

Demikianlah artikel dan tips bagaimana cara membuat kapur tulis beserta bahan bahan yang diperlukan dalam membuat / pembuatan kapur tulis. Anda bisa mencoba membuat kapur tulis sendiri dirumah sebagai bahan kesibukan atau mungkin bisa dijadikan ide bisnis. Selain digunakan untuk menulis pada papan tulis, tentu saja kapur tulis (warna warni) juga bisa digunakan untuk bahan kesenian. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba.


Related

Industri 5381557430930972638
item