CARA MEMBUAT SOTO AYAM SPESIAL & BAHAN BUMBU SOTO LENGKAP




Ingin membuat soto ayam ? Cara membuatmu kali ini akan berbagi resep masakan enak dan pastinya anda sudah pernah merasakan kenikmatannya. Apalagi kalau bukan soto. Soto sendiri ada bermacam macam seperti soto daging, soto babat, coto makasar, soto madura dan tentu saja soto ayam.

Berdasarkan nama tempatnya soto ayam juga memiliki cirikhas dan nama masing masing, seperti soto lamongan yang menggunakan koya sebagai bahan campuran dalam penyajian soto. Untuk membuat soto ayam yang lezat diperlukan bumbu bumbu yang berkualitas juga agar kuah soto terasa gurih. Berikut ini adalah bahan dan bumbu yang harus dipersiapkan untuk membuat soto ayam spesial.

Soto Ayam
BAHAN SOTO AYAM

1 mangkok daging ayam
4 butir telur ayam
½ mangkok taoge
5 buah kentang
½ mangkok su'un
2 buah jeruk pecel
3 batang daun bawang merah
2 batang daun seledri
2 sendok makan minyak goreng/mentega

BUMBU SOTO AYAM

10-15 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1 potong kunyit
1 potong jahe
1 /2 sendok teh merica
3 biji kemiri
1 batang sereh
1 potong Laos
2 lembar daun jeruk purut
   garam dan vitsin secukupnya

CARA MEMBUAT SOTO AYAM

Bawang merah dirajang tipis dan digoreng. Kentang juga dirajang  tipis dan digoreng dijadiKan kripik. Telur ayam direbus, taoge dan su'un direndam dalam air panas. Ayam direbus dan diambil air kaldunya, dagingnya digoreng setengah matang. Daun seledri dan daun bawang merah dirajang, bumbu-bumbu dihaluskan kecuali sereh, daun jeruk purut dan laos, kemudian ditumis sampai harum. Tumisan bumbu ter¬sebut kemudian dimasukkan ke dalam kaldu ayam dan masukkan vitsin.

Soto siap dihidangkan, hidangkan dalam keadaan hangat bersama dengan nasi putih dan kerupuk udang. Anda juga bisa menambahkan irisan telur rebus jika suka.

SAMBAL SOTO

Tak lengkap rasanya jika menyajika soto tanpa sambal. Untuk membuat sambal soto rebuslah cabe rawit (menurut selera) dan gorenglah kemiri. Keduanya dihaluskan dan jangan lupa sedikit garam. Haluskan agar menjadi sambal.

Itulah cara membuat soto ayam spesial, jika Anda tidak ingin repot repot membuat bumbu soto, anda bisa membeli bumbu soto yang dijual dipasaran dan anda hanya tinggal menyiapkan bumbu bumbunya saja, mungkin bumbu soto yang anda beli akan memiliki rasa berbeda jika dibandingkan membuat sendiri dari resep ini. Selamat mencoba.


Related

Resep Masakan 6832543001245645681
item